Sunday, January 30, 2011

Nasional Demokrat Berencana Aliansi dengan Parpol



Penulis: Icha Rastika | Editor: A. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Kendati menyatakan tidak berniat menjadi partai politik dalam waktu dekat, organisasi masyarakat, Nasional Demokrat, berencana membentuk aliansi dengan partai politik. Sekretaris Jenderal Nasional Demokrat Syamsul Mu'arif mengatakan, pihaknya membuka peluang aliansi dengan parpol yang memiliki kesamaan visi, persepsi, dan strategi perjuangan.

"Untuk mewujudkan perubahan tadi, jawabannya adalah harus dong dekat, harus dong kebijakan itu menjadi kebijakan kekuasaan. Nah, untuk menjadi kebijakan kekuasan, sedangkan kita ormas, kan gakbisa. Maka, dibangunlah yang disebut dengan aliansi," kata Syamsul saat menghadiri simposium Nasional Demokrat di Jakarta Convention Center, Minggu (30/1/2011).

Oleh karena itulah, lanjut Syamsul, di setiap acara yang digelar Nasional Demokrat, ormas besutan Surya Paloh itu memberikan ruang bagi pimpinan parpol untuk berdiskusi dengan Nasional Demokrat. Contoh pimpinan parpol yang sudah diundang dalam acara Nasional Demokrat adalah Megawati Soekarnoputri dari PDI Perjuangan.

"Sayang, pada tanggal 31 saat kami mengundang Ibu Megawati, beliau ada acara di Batam sehingga tidak bisa hadir. Tentu nanti kami akan lihat pada lain waktu. Kami harapkan, kalau tanggal 1 bisa pun, kami buka pintu. Jadi, itu kami lihat. Ini masih dalam konfirmasi," papar Syamsul. 

Undangan untuk PDI Perjuangan tersebut, menurut Syamsul, menandakan bahwa Nasional Demokrat terbuka, bukan hanya terbuka untuk PDI Perjuangan, melainkan juga untuk parpol lain yang berkenan. "Kalau parpol lain berkenan, suatu saat Golkar, PAN, PKB itu tidak jadi masalah," katanya.