Thursday, October 18, 2012

Partai NasDem Fokus di Pemilihan Legislatif

Ferry Mursyidan Baldan
Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem terus melakukan proses pemantauan dan   membidik  figur (talent scouting), atau orang-orang yang memiliki potensi untuk dimajukan dalam pemilu legislatif. Partai NasDem ingin fokus pada pemilu legislatif dan tidak ingin terjebak pada wacana pencapresan.

"NasDem menyadari bahwa masih terlalu banyak figur anak bangsa yang memiliki integritas dan kabilitas untuk mengemban tugas negara melalui jabatan-jabatan publik, termasuk menjadi Anggota DPR dan DPRD," kata Ketua Bappilu Partai NasDem Ferry Mursyidan Baldan, Jakarta, Kamis (18/10).


Ferry mengatakan, selama ini ada kesan 'tertutup' dalam proses rekrutmen figur yang dilakukan partai. Ini, lanjutnya, akan menjauhkan kesempatan bagi partai politik dalam mendapatkan figur-figur bagus, berintegritas dan kapabel.


"Untuk itulah, NasDem tidak akan segan-segan untuk menemui, mendatangi ataupun mengajak figur-figur tersebut untuk dapat dicalonkan oleh Partai NasDem," tukas Ferry.


Dalam pandangan NasDem, lanjutnya, partai berkewajiban untuk hadirkan sosok berintegritas dan kapabel. "Untuk itu maka menjadi kewajiban NasDem untuk pro-aktif, dan tidak meminta yang bersangkutan mendatangi kantor-kantor NasDem. Justru NasDem yang akan mendatangi figur-figur tersebut," kata Ferry.


Karena itulah, tambah Ferry, dalam proses rekutmen, Partai NasDem tidak memberlakukan syarat apapun, termasuk meminta uang untuk alasan apapun. "Cukup dengan CV atau riwayat hidup saja," tegasnya.


Ferry mengatakan, jika ada yang terbukti memberlakukan syarat tertentu dalam penjaringan caleg, akan ada sanksi yang akan dikenakan. "Dan yang meminta uang dalam proses pencalegan harus mengembalikan kepada yang bersangkutan," tukasnya.


Ferry mengatakan, Partai NasDem ingin memulai dengan jalan yang benar. "Karena NasDem menyadari bahwa proses rekrutmen oleh partai adalah hulu dari baik atau tidaknya figur yang akan mengisi jabatan yang berpengaruh pada kemajuan negeri ini," katanya.


Oleh karena itu, hal-hal yang berkaitan dengan penjaringan caleg dan lainnya, akan secara ketat diberlakukan sejak awal oleh Partai NasDem."


NasDem menyadari bahwa negeri ini akan dan harus menjadi lebih baik, dan semua ini dilakukan tidak secara sendiri oleh NasDem, tapi juga dengan partisipasi masyarakat luas sebagai pemilik Negeri ini," ujar Ferry.


Atas dasar itu juga, agenda politik Partai NasDem, tetap menyesuaikan dengan tahapan verifikasi yang sedang berlangsung di KPU. "Kita fokus pada agenda prioritas, yakni Pemilu legislatif, dan tidak terbawa pada agenda politik lainnya, seperti membahas Capres," tegas Ferry.(MI/DNI)