Wednesday, July 27, 2011

Golkar: Data Ulang Bukan karena Nasdem

Ketua DPP Golkar Priyo Budi Santoso

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Golkar melakukan pendataan ulang para kader intinya. Ketua DPP Golkar Priyo Budi Santoso mengatakan, pendataan ulang ini merupakan aktivitas yang digelar Golkar secara berkala dan tidak terkait dengan deklarasi Nasdem sebagai sebuah partai politik pada Selasa (26/7/2011) ini.

Pada pertengahan Agustus mendatang, Priyo berharap daerah sudah menyampaikan laporannya kepada pusat. "Ini adalah langkah-langkah normal yang dalam rentang waktu semesteran memang kami lakukan karena ingin memberlakukan sistem pengaderan yang sistematis dan modern," katanya di Gedung DPR, Selasa.

Pendataan ulang kader inti ini merupakan tahapan yang dilakukan Golkar untuk menerapkan karakterisasi pengaderan, seperti menggerakkan kader desa untuk menjaring kader-kader baru. Menurut Priyo, pendataan kader inti ini diperlukan Golkar sebagai partai kader sekaligus partai massa.
"Jadi, kader harus menginduk kepada Golkar atau ormas-ormas yang secara sah berinduk pada Golkar. Kalau ormas-ormas yang tak berpolitik boleh juga. Kalau ormasnya berpolitik praktis,  saya pastikan harus memilih," ujarnya.

Priyo yang kini juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR ini menegaskan, pendataan ulang kader inti tidak terkait dengan deklarasi Nasional Demokrat sebagai parpol. Menurut dia, Golkar tidak dalam posisi khawatir terhadap deklarasi partai baru tersebut.