Sunday, November 14, 2010

Relawan Nasdem Diminta Optimalkan Tugas Kemanusiaan

Pontianak - Tim relawan Nasional Demokrat (Nasdem) diminta mengoptimalkan tugas kemanusiaan di kawasan bencana Gunung Merapi. Optimalisasi ini dilakukan karena semakin meningkatnya kegawatdaruratan serta meluasnya daerah bencana.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh menyatakan hal itu dalam deklarasi dan pembentukan kepengurusan wilayah Nasdem Kalimantan Barat di Pontianak, Minggu (7/11). "Saya sudah perintahkan agar Tim Rescue Nasional Demokrat mengoptimalkan bantuan dan tugas kemanusiaan di Merapi," kata Surya.

Ia mengatakan salah satu bentuk realisasi terhadap optimalisasi itu, yakni melalui penyiapan sanitasi yang layak dan sehat untuk para pengungsi. Kami akan membangun sebanyak 100 fasilitas MCK (mandi cuci kakus) di lokasi pengungsian," ujarnya.

Berbagai bencana alam yang menimpa Indonesia akhir-akhir ini, mengundang keprihatinan mendalam dari seluruh keluarga besar Nasdem. Karena itu, sesaat sebelum memberikan sambutan pada deklarasi Nasdem di Kalbar, Surya mengajak hadirin mengheningkan cipta dan mendoakan keselamatan para korban bencana alam di Tanah Air.

"Doa dan mengheningkan cipta ini sebagai ekspresi rasa empati mendalam terhadap penderitaan saudara-saudara kita yang kini ditimpa bencana," ungkapnya.

Menurut Surya bencana alam, seperti tanah longsor di Papua, tsunami di Mentawai dan meletusnya Gunung Merapi menjadi sebuah ujian terhadap rasa kemanusiaan dan persaudaraan sesama anak bangsa di Indonesia. Oleh karena itu, berbagai kejadian tersebut harus disikapi secara rasional. (008)

Sumber: mediaindonesia.com, 7 Nopember 2010